Selasa, 18 Agustus 2015

5 Tips Menggunakan Motif Batik di Rumah Anda


Batik merupakan budaya Indonesia yang telah ada sejak abad ke-17. Kata “batik” berasal dari bahasa Jawa, yaitu “amba” yang bermakna menulis dan “titik” yang bermakna titik. Motif dari batik pun beraneka ragam, dari mulai batik Jawa, Solo, Bali, dan masih banyak lagi.
Sekarang, Batik Indonesia telah mendunia dan memiliki banyak penggemarnya, baik lokal maupun mancanegara. Tapi, tahukah Anda? Motif batik tidak hanya sebatas pada pakaian atau aksesoris karena Anda juga dapat menggunakan motif batik untuk memperindah rumah Anda.
Menggunakan motif batik sebagai penghias rumah Anda tentu saja akan memberikan kesan yang tidak biasa. Selain itu menggunakan batik tidak harus selalu menjadikan rumah Anda bertema klasik. Terbukti, konsep modern dan kontemporer seperti perumahan Victoria Hills Residence pun cocok dengan budaya Indonesia yang satu ini. Berikut 5 tips menggunakan motif batik di rumah Anda, yang dikutip dari Balkonie.com.
Gunakan Pada Kain Sofa dan Bantalnya
Menggunakan motif batik pada furnitur seperti kain pelapis sofa (upholstery) dan bantalnya (cushion), tentu saja akan mengubahnya menjadi sorotan bagi siapapun yang melihatnya. Porsi penggunaan batik pun tidak berlebihan, namun pada takaran yang pas. Seperti misalnya menggunakan motif Ukel dan Megamendung, yang terasa harmonis bila dipadu-padankan pada sofa semi-outdoor.
Gunakan Sebagai Hiasan Dinding
Menggunakan hiasan dinding yang bermotif batik juga merupakan cara lainnya. Anda bisa meminta bantuan dari para profesional untuk memahat potongan kayu berbentuk kotak—atau bentuk apapun—menjadi motif batik. Setelah itu, Anda akan memiliki hiasan dinding bermotif batik yang tidak lagi memiliki 2 dimensi, tetapi telah menjadi 3 dimensi. Unik, bukan?
Gunakan Kain Batik
Kain batik tidak harus selalu dijahit menjadi pakaian atau bentuk lainnya. Jika Anda memiliki kain batik yang belum dijahit, maka gantunglah kain tersebut di dinding dan voila! Seketika ruangan akan menjadi berbeda, hanya dengan sedikit tambahan. Anda dapat menggantung kain batik diatas tempat tidur sebagai pemanis ruangan, yang telah dilengkapi hiasan serupa. Atau gantunglah kain batik di ruang manapun Anda inginkan.
Gunakan Sebagai Motif Lampu Tidur
Lampu tidur yang bermotif mampu memberikan suasana relaks pada kamar tidur Anda. Terlebih jika motif tersebut adalah batik. Ya, menggunakan motif batik juga berlaku untuk lampu tidur Anda. Untuk memiliki lampu bermotif ini, Anda dapat membelinya di toko yang menjual kerajinan batik. Bila Anda gemar berkreasi sendiri, buatlah lampu tidur ini dengan cara menyediakan gelas kaca dan kain tipis bercorak batik. Lalu potong kain dengan membentuk pola yang sesuai untuk menutup gelas, dan tempelkan. Setelah itu pasang lilin kecil di dalamnya, nyalakan dan lampu tidur bermotif batik siap menemani waktu istirahat Anda.

Gunakan Sebagai Taplak Meja
Taplak meja bermotif batik pun dapat menjadi pilihan untuk Anda. Selain mengisi kekosongan dari meja, taplak meja dengan motif batik memiliki nilai estetika yang tinggi.
Semoga kelima tips tersebut dapat dijadikan inspirasi awal bagi Anda, untuk menggunakan motif batik pada dekorasi interior rumah Anda. Kembangkanlah inspirasi tersebut dengan kreasi sendiri, dan Anda pun telah turut serta dalam melestarikan batik!

Sumber : Rumah.com

0 comments:

Posting Komentar