Kamis, 09 April 2015

Ingin Rumah Bebas Nyamuk, Ini Tipsnya !


Nyamuk, hewan pengganggu yang biasanya menyerang di malam hari dan mengganggu tidur. Selain itu, nyamuk juga membawa penyakit seperti, demam berdarah, chikungunya dan malaria.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah bebas nyamuk :

1. Hilangkan genangan air
Cegah adanya genangan air dalam dan sekitar rumah, Cekungan di talang air atau wadah-wadah kecil seperti kaleng bisa menjadi tempat genangan air yang dapat digunakan nyamuk untuk berkembang biak. Sebaiknya keringkan air di talang dan mengubur wadah-wadah tersebut. Jika memiliki binatang peliharaan seperti burung berkicau, periksa tempat minumnya. Jika ada jentik nyamuk, bersihkan dan ganti air setidaknya dua kali dalam seminggu.

2. Potong Tanaman di Halaman
Pangkas tanaman yang terlalu rimbun di halaman Anda. Brightnest.com menyebutkan, nyamuk seringkali tinggal di tanaman rimbun dan semak liar. Memotongnya akan mengurangi jumlah nyamuk di rumah Anda.

3. Periksa Kawat Nyamuk
Pastikan kawat atau kasa nyamuk di lubang angin atau jendela rumah Anda dalam kondisi baik dan tak berlubang. Dengan demikian, nyamuk tak bisa masuk ke dalam rumah.

4. Rapikan Pakaian
Nyamuk suka hinggap di pakaian yang digantung di dinding atau di balik pintu. Rapikan pakaian Anda ke dalam lemari.

5. Bau yang Disukai Nyamuk
Webmd.com menulis, nyamuk dapat membaui mangsanya dari jarak 50 meter. Manusia dengan kadar asam urat tinggi, kolesterol, dan steroid di permukaan kulit dan keringat, cenderung menjadi sasaran utama nyamuk. 

Penelitian juga menunjukkan, nyamuk paling suka manusia dengan golongan darah O dan paling tidak suka dengan golongan darah A.

Untuk mengurangi potensi digigit nyamuk, jangan lupa mandi untuk bersihkan kulit dari bau keringat yang disukai nyamuk.

6. Gunakan Anti Nyamuk Alami
Mengusir nyamuk dengan obat anti-nyamuk kimia sebenarnya beresiko, terutama bagi anak kecil. Lebih baik gunakan tanaman atau aroma yang memiliki kemampuan mengusir nyamuk.Tumbuhan yang efektif menyingkirkan nyamuk antara lain lavender, zodia, rosemary, geranium, dan serai (Baca: Aneka Tanaman Pengusir Nyamuk  (www.rumah.com)).

Sementara, wewangian pengusir nyamuk antara lain minyak kayu manis, minyak rosemary, minyak serai, minyak cedar, minyak cengkeh, dan minyak peppermint. Juga bisa dibuat menjadi lilin aroma pengusir nyamuk (Baca: Cara Membuat Lilin Pengusir Nyamuk  (www.rumah.com)).

Sumber : Rumah.com  (www.rumah.com)

0 comments:

Posting Komentar