Kamis, 30 April 2015

Tips Membersihkan Mesin Cuci


Waktu liburan menjadi waktu yang tepat untuk membersihkan peralatan rumah tangga yang kerap digunakan setiap hari, seperti mesin cuci. Bagaimana cara efektif untuk membersihkannya? Berikut tips yang dapat dicoba.
Pada dasarnya, cara membersihkan mesin cuci bukaan atas atau depan sama saja. Intinya, adalah menghilangkan debu, partikel kotoran lainnya, dan bahkan lumut yang menggumpal di sudut-sudut mesin cuci.
Untuk mesin cuci dengan bukaan di atas, pertama-tama, penuhi tabung setinggi tiga perempat ukuran tabung dengan air panas. Selanjutnya, tambahkan setengah cangkir baking soda dan dua cangkir cuka. Lalu putar mesin seperti biasa selama kurang lebih 15 menit, atau sampai kotoran terangkat semua.
Setelah kotoran terangkat, bilas tabung mesin cuci dengan air biasa tanpa campuran apapun. Lalu keringkan dengan lap kering.
Lapisan saringan mesin dapat Anda cuci langsung saat tabung dibersihkan. Atau bisa juga mencucinya secara terpisah dengan menggunakan air panas dan detergen. Selanjutnya, keringkan lapisan itu di panas matahari.
Jika Anda memiliki mesin dengan bukaan di depan, masukkan dua sendok makan baking soda di tempat biasanya Anda memasukkan detergen saat mencuci. Sebelum memenuhi tabung dengan air panas, masukkan setengah cangkir cuka ke dalam tabung. Setelah tabung penuh dengan air, putar mesin seperti biasa.
Lalu, jika wadah menaruh detergen dalam mesin cuci Anda dapat dilepas, maka lepaslah dan rendam dalam air panas yang mengandung sabun cuci. Biarkan lumut dan kotoran yang menempel terlepas dengan sendirinya, jangan dipaksa. Selanjutnya, bilas dengan air dingin, dan jemur di bawah sinar matahari.
Selamat mencoba!

Sumber : Rumah.com

0 comments:

Posting Komentar