Sabtu, 04 April 2015

Ingin Renovasi Rumah tapi Tidak Ada Biaya? Ini dia Jalan Keluarnya



Rumah yang ditinggali selama beberapa tahun biasanya memerlukan renovasi, besar maupun kecil. Namun terkadang Anda belum menyiapkan dana sedangkan renovasi sudah harus dilakukan. Simak tips berikut yang dapat memberi Anda jalan keluar untuk tetap merenovasi rumah.

1.  Ajukan Kredit Renovasi Rumah

Anda dapat menjaminkan sertifikat rumah Anda ke bank untuk mendapatkan kredit renovasi rumah. Bahkan sebagian bank ada yang bekerja sama dengan produsen semen untuk membuat program layanan pembiayaan renovasi rumah.


2. Kredit Renovasi BPJS Ketenagakerjaan

Bagi Anda karyawan yang sudah terdaftar sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan (dulu bernama Jamsostek) dan sudah menjadi peserta minimal 5 tahun, Anda dapat memanfaatkan fasilitas kredit renovasi rumah. Dalam hal ini BPJS juga bekerja sama dengan beberapa bank dengan jaminan dana Anda yang tersimpan di dalam rekening BPJS ketenagakerjaan. Dengan proses yang mudah, Anda tinggal datang ke kantor BPJS terdekat dan melengkapi persyaratan yang diminta

3. Manfaatkan fasilitas Top Up untuk Biaya Renovasi

Bagi Anda yang memilliki rumah dengan fasilitas KPR dan status pembayarannya belum lunas sementara kondisi rumah sudah butuh renovasi, maka Anda bisa memanfaatkan fasilitas Top Up dari KPR Anda. Fasilitas ini biasanya dapat diberikan kepada nasabah yang sudah melewati separuh dari masa kredit dan memiliki riwayat kredit yang baik. Rumah yang saat ini masih dibiayai bank dalam bentuk KPR menjadi jaminannya.

KPR awal Anda akan ditutup dan Anda akan mempunyai kredit baru. Selisih dana plafon pinjaman Anda akan dikurangi dari sisa KPR sebelumnya dan dapat dimanfaatkan untuk renovasi rumah.

4. Over Kredit KPR untuk mendapatkan Dana Renovasi

Jika rumah Anda saat ini masih berstatus kredit (KPR), maka Anda dapat melakukan over kredit ke bank lain untuk mendapatkan dana. Selisih plafon kredit dengan sisa pinjaman dapat Anda gunakan untuk biaya renovasi. Cara ini dapat dilakukan apabila Anda tidak dapat melakukan pengajuan fasilitas top up kepada bank pemberi KPR Anda

5. Kerjasama dengan Toko Material

Memiliki anggaran terbatas untuk renovasi rumah dapat disiasati dengan bekerja sama dengan toko material dalam bentuk pembayaran pembelian material bangunan secara berjangka melalui angsuran bulanan. Karena toko material sendiri punya target dari pihak penyuplai (distributor) untuk segera menghabiskan stok di toko.

Tempo pembayaran biasanya dalam jangka pendek yaitu 1-3 bulan, dan syarat utamanya Anda harus dikenal baik oleh toko material bangunan tersebut. Anda dapat mengajukan perpanjangan tempo pembayaran jika reputasi Anda bagus atau mencari toko bangunan lain.

Biaya terbesar dalam merenovasi rumah adalah pembelian material bangunan. Jika sudah mendapatkan solusi, tinggal mencari biaya untuk tukang bangunannya. Jika Anda dapat menemukan kontraktor bangunan yang dapat diajak kerjasama pembayaran berjangka, tentu saja hal ini memudahkan Anda dalam merenovasi rumah.

Sumber : Rumah.com


0 comments:

Posting Komentar