Selasa, 21 April 2015

Tips Membeli Rumah Lewat Internet



Perkembangan bisnis properti belakangan ini tak terlepas dari pengaruh teknologi Informasi dan e-commerce.
Situs-situs properti yang memajang listing para broker properti pun bermunculan. Alhasil, kian banyak penjual dan pembeli yang “saling lirik” secara online.
Mencari properti lewat jalur daring (online), baik menggunakan komputer maupun gadget canggih lain memang mempermudah pembeli, tetapi memerlukan trik tersendiri.
Selain pilihan yang terbilang banyak—sehingga perlu waktu untuk memilih, tampilan properti di layar monitor pun terkadang kurang memuaskan.
Ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan dalam memilih rumah secara online:
1. Sebelum atau sembari melakukan pencarian rumah idaman, bekali diri Anda dengan beragam tips dan trik membeli properti berkualitas, memilih broker, memilih pengembang kredibel, memilih fasilitas pembiayaan (KPR) dan lain-lain.
2. Ada baiknya Anda login di portal properti macam Rumah.com yang menyediakan ratusan ribu listingproperti yang dapat dipilih sesuai kriteria yang diinginkan.
3. Anda dapat menyortir properti berdasarkan lokasi, harga, jumlah kamar, ukuran luas dan lain-lain. Masukkan kriteria dan kata kunci yang diinginkan, maka dalam waktu singkat mesin pencari akan menayangkan properti sesuai kriteria tersebut.
4. Lihat pula lokasi rumah yang Anda incar lewat peta lokasi yang tersedia. Perhatikan, apakah akses rumah mudah dijangkau? Apa saja fasilitas yang tersedia di kawasan tersebut? Anda bisa menggunakan Google Maps atau peta online lain untuk mengecek.
5. Foto rumah yang terlampir dalam listing juga bisa menjadi panduan Anda untuk membayangkan seperti apa bentuk rumah tersebut. Fasilitas virtual tour—seperti yang telah dimiliki Rumah.com juga sangat membantu melihat bagian dalam (interior) rumah yang diminati.
6. Setelah menemukan properti yang cocok, jangan ragu untuk mengontak agen properti pemasang listing. Broker properti ini akan membantu Anda dalam proses pembelian dan memberikan masukan yang bermanfaat.
7.  Perlu diingat, rumah yang Anda minati akan Anda tempati—di dunia nyata! Jadi, jangan ragu untuk melakukan survei dan minta pihak agen untuk melakukan open house. Terkadang calon pembeli yang sudah tertarik saat melihat foto rumah, justru membatalkan niatnya setelah berkunjung, lantaran tidak cocok dengan suasana di  rumah tersebut.
Sumber : Rumah.com


0 comments:

Posting Komentar