Rabu, 16 September 2015

10 Kebiasaan Baik Bikin Rumah Tampak Baru




Let’s be honest, tak seorangpun yang mau, atau punya waktu, untuk menjadikan kegiatan membersihkan rumah sebagai pekerjaan kedua mereka. Tentu hal ini merupakan rahasia umum. Nah, jika Anda menginginkan paket kebersihan sekelas hotel bintang lima secara cuma-cuma, Anda bisa mengikuti kuis Tebak Rumah.
Tapi, tak ada salahnya jika sedikit berkorban dengan membiasakan hal-hal kecil setiap hari, agar kondisi rumah Anda selalu rapi dan nampak seperti baru. Berikut goodhousekeeping.com memaparkan beberapa contoh kebiasaan baik yang patut Anda tiru dan terapkan.
  1. Melepas sepatu
    Ada baiknya bila tidak memperbolehkan sepatu melewati pintu utama. Apalagi bila Anda memiliki anak kecil, yang kerap bermain diluar dan membawa kuman serta kotoran melalui alas kaki. Triknya, pasang sebuah papan peringatan di pintu utama, untuk mengingatkan siapapun agar melepas sepatu sebelum memasuki rumah.
  1. Merapikan tempat tidur
    Rutinitas merapikan tempat tidur akan menjadi kebiasaan baik pertama setelah bangun di pagi hari. Manfaat yang sangat mungkin Anda dapatkan adalah, tempat tidur akan selalu bersih dan terhindar dari debu dan kotoran yang hinggap di seprei dan selimut.
  1. Menyikat pintu kamar mandi
    Untuk membuat rumah nampak seperti baru, jangan lupakan kebersihan kamar mandi. Selalu sikat bagian bawah dari pintu kamar mandi, untuk mencegah timbulnya jamur dan kotoran. Hanya membutuhkan waktu 20 detik, Anda dapat melakukan kebiasaan ini sehabis mandi.
  1. Wastafel
    Trik agar wastafel selalu bersih adalah membuat wadah tisu di bawahnya. Saat bekas pasta gigi menempel di dinding wastafel, Anda hanya perlu menarik tisunya dan mengelapnya dengan cepat.
  1. Bersihkan meja dapur
    Merawat meja dapur hanya memerlukan rutinitas dan pembersih sederhana. Campurkan cuka, air, sabun cuci piring dan minyak almond, lalu simpan di dalam botol semprot plastik. Anda dapat membersihkan meja dapur setelah makan malam, atau sehabis memasak.
  1. Mengepel lantai
    Perjalanan dari lantai bawah hingga kamar tidur Anda dapat dimanfaatkan dengan mengepel lantai. Hanya memerlukan waktu sekitar 7 menit, rumah Anda pun terbebas dari debu dan kotoran.
  1. Lakukan bersama-sama
    Sebelum beranjak tidur, Anda dan keluarga dapat melakukan kegiatan kelompok dengan membagi tugas merapikan rumah. Seperti membereskan mainan, merapikan koran dan surat, menggantung jaket, dan menempatkan barang-barang ke tempat asalnya.
  1. Letakkan pakaian pada tempatnya
    Spesialis pembersih rumah, Debra Johnson, membagi tips agar kamar tidur Anda selalu rapi. Yakni, selalu letakkan pakaian kotor pada keranjang pakaian sebelum tidur. Dan pada pagi hari, biasakan untuk melipat piyama Anda dan menyimpannya di tempat yang tepat.
  1. Buka satu atau dua pintu
    Bukalah pintu utama dan belakang untuk membiarkan sirkulasi udara di tiap ruangan selalu terjaga. Sinar matahari yang menembus ke dalam rumah juga mampu membunuh kuman, virus dan bakteri yang masuk.
  1. Tapi, tutup pintu yang ini!
    Semua orang tahu bahwa keseluruhan ruang pada rumah tidak akan pernah selalu rapi, dan terorganisir pada saat yang sama. Terutama kamar anak. Oleh karena itu, saat tamu datang kerumah Anda hanya perlu menutup seluruh pintu kamar. Tetapi pastikan ruang utama selalu terjaga kebersihannya.
Sumber : Rumah.com

0 comments:

Posting Komentar