Selasa, 22 September 2015

Ingin buat Kolam Renang? Perhatikan 7 Faktor Ini



Renang menjadi olahraga tubuh yang kini menjadi prioritas dan pilihan favorit banyak orang. Bukan hanya menyegarkan, tapi juga baik untuk mengecilkan perut dan menambah tinggi badan. Bagi Anda yang menginginkan sedikit privasi saat berenang, membuat kolam renang dirumah memang dapat dijadikan pilihan.
Keberadaan kolam renang di rumah tidak hanya bermanfaat untuk menyalurkan hobi berenang anggota keluarga, tapi juga membuat hunian Anda terasa sejuk dan bernuansa alam. Pemandangan yang disajikan dari kolam renang seperti birunya air serta gemericik yang ditimbulkan, memberikan sensasi rileks pada mata Anda. Semakin menarik bila pemandangan lanskap kolam renang ini dapat ditangkap dari dalam rumah.
Begitu banyak inspirasi desain kolam renang, namun Anda tetap harus menyesuaikannya pada konsep dan gaya rumah. Simak 7 faktor yang perlu diperhatikan saat membuat kolam renang, yang dikutip dari Balkonie.com.
Ukuran dan LayoutHal pertama yang harus Anda perhatikan adalah ukuran kolam renang dan ketersediaan lahan kosong di rumah. Bila memang lahan yang tersedia tidak terlalu besar, tidak masalah bila kolam renangnya kecil. Karena yang terpenting adalah bagaimana Anda menyiasatinya. Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan layout kolam renang dengan konsep dan tema rumah. Karena layout berpengaruh pada faktor utama membuat kolam renang, jadi buatlah perencanaan secara matang.
Teras/ Pool DeckArea sekitar kolam renang sama pentingnya dengan struktur fisik kolam renang itu sendiri. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah teras atau pool deck. Ada banyak ide bagi Anda dalam membuat pool deck. Beberapa diantaranya seperti dek kayu, lantai dengan batuan alam, stepping stone yang disusun artistik atau bahkan teras yang menyatu langsung dengan bangunan rumah. Ada dua hal penting terkait pool deck ini. Pertama, teras yang dibuat haruslah anti selip dan tidak licin demi menjaga keselamatan dan kenyamanan Anda dan keluarga. Kedua, kebersihan dari pool deck. Anda dapat menggunakan mesin power washer agar pool deck selalu terlihat bersih dan mengkilap. Karena kebersihan teras kolam renang juga mempengaruhi kenyamanan keluarga Anda, bukan?
VegetasiSetelah menentukan layout dan teras kolam renang, kini saatnya Anda menentukan vegetasi yang dapat mempercantik kolam renang Anda. Jika Anda menginginkan suasana alam yang natural, berikan sentuhan alami dengan menanam pohon kelapa, kamboja, dadap merah atau pisang kipas untuk mendampingi kolam renang tropis Anda. Namun jika Anda ingin menanam pohon lain, tidak masalah selama masih sesuai dengan konsep dan tema rumah Anda.
Kedalaman AirTidak hanya keindahan luar dari kolam renang, keadaan fisik dari kolam renang juga harus diperhatikan. Salah satunya adalah kedalaman air. Untuk kolam renang dewasa, tingkat kedalaman airnya 1,4 meter hingga 2 meter. Anda dapat menggabungkan keduanya dengan membuat ramp sebagai pemisah kedalamannya. Bila Anda memiliki anak-anak dirumah, tingkat kedalaman air yang disarankan sekitar 0,5 meter.
Air dan SirkulasiAir dan sistem sirkulasi juga memiliki efek tersendiri. Buatlah overflow atau tumpahan air dipinggir kolam renang, untuk menambah suasana nyaman dan rileks. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan batu candi yang disusun bertumpuk untuk pinggiran overflow-nya. Anda juga harus memperhatikan keadaan air kolam renang ketika sehabis dipakai. Apakah sedikit keruh karena minyak dari lotion, rambut atau bahkan kulit yang tertinggal didalam air. Lemparkan saja bola tenis kedalam air, dan serat fibernya akan langsung menyerap minyak yang tertinggal. Cara unik, bukan?
FilterisasiAda beberapa tipe filter yang dapat dipilih, sehingga rencanakan dari awal sebelum membuat kolam renang. Karena filter yang digunakan nantinya akan berpengaruh pada konstruksi bangunan, dan struktur kolam renang itu sendiri.
Ketinggian Permukaan LantaiHal penting selanjutnya yang harus diperhatikan adalah tingkat ketinggian permukaan lantai. Usahakan ketinggian kolam renang tidak lebih tinggi dari pool deck. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan keluarga.

Sumber : Rumah.com

0 comments:

Posting Komentar